Home » » Silabus Antropologi SMA Kelas XII Karakter Bangsa

Silabus Antropologi SMA Kelas XII Karakter Bangsa


SILABUS

Nama Sekolah                   : SMA NEGERI 1 LEWA
Mata Pelajaran                                 : Antropologi
Kelas/Program                  : XI/Bahasa
Semester                            : I
Standar Kompetensi       :1. Menganalisis Kesamaan dan Keberagaman Budaya
Alokasi Waktu                   :
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai budaya dan karakter bangsa  yang dikembangkan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/bahan/Alat
1.1. Mengidentifikasi berbagai pengaruh budaya lokal, pengaruh budaya asing dan hubungan antar budaya.







1.2. Melakukan pengamatan tentang potensi keberagaman budaya yang ada di masyarakat setempat dalam kaitannya dengan budaya Nasional





1.3. Mengidentifikasi berbagai alternatif penyelesaian masalah akibat adanya keberagaman budaya.








1.4. Menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman budaya.





·     Materi Pokok :
Keberagaman budaya
·     Uraian Materi Pokok :
o  Budaya Lokal
o  Pengaruh budaya asing
o  Hubungan antar budaya






·     Materi Pokok :
Potensi keberagaman budaya
·     Uraian materi pokok :
o   Potensi positif dan negatif dari keberagaman budaya dalam masyarakat.
o   Karakteristik budaya nasional.
o   Hubungan antara budaya lokal dan budaya nasional.
·     Materi Pokok :
Berbagai alternatif penyelesaian masalah (solusi) beserta contohnya akibat keberagaman budaya
·     Uraian Materi Pokok :
o  Alternatif pemecahan masalah (solusi)
o  Contoh penyelesaian masalah (solusi)
o  Peran keluarga, sekolah dan pemerintah.
·     Materi Pokok :
Sikap toleransi dan empati
·     Uraian materi pokok :
o  Konsep toleransi dan empati sosial
o  Contoh perwujudan sikap toleransi dan empati sosial.

·     Sikap religius
·     Jujur
·     Toleransi
·     Disiplin
·     Rasa ingin tahu







·     Semangat kebangsaan
·     Cinta tanah air










·     Jujur
·     Disiplin
·     Kerja keras
·     Kreatif
·     Mandiri










·     Toleransi
·     Disiplin
·     Mandiri
·     Tanggung jawab
·     Menggali informasi dari berbagai sumber untuk mengidentifikasi berbagai budaya lokal yang terdapat dimasyarakat secara berkelompok (contoh : Masyarakat Lewa terdiri dari berbagai budaya lokal seperti Sumba Timur, Sumba Barat, Bima, Sabu, Flores, Timor, Alor dll).
·     Mendiskusikan dengan kelompok untuk mengidentifikasi pengaruh budaya asing dan hubungan antar budaya dalam kehidupan masyarakat.
·     Siswa secara berkelompok melakukan pengamatan terhadap potensi positif dan negatif dari keberagaman budaya yang ada di masyarakat.
·     Mendiskusikan secara berkelompok karakteristik dari budaya nasional.
·     Mendeskripsikan hubungan antara budaya lokal dan budaya nasional.




·     Mengidentifikasikan berbagai alternatif penyelesaian masalah (solusi) beserta contohnya akibat adanya keberagaman budaya melalui tanya jawab.
·     Mendeskripsikan peran keluarga, sekolah dan pemerintah melalui tanya jawab.







·     Mendeskripsikan konsep toleransi dan empati sosial beserta contoh melalui tanya jawab secara individu
·     Mendemonstrasikan sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman budaya secara berkelompok dikelas.
·    Mengidentifikasi budaya lokal yang terdapat di masyarakat.
·    Mengidentifikasi pengaruh budaya asing dalam kehidupan masyarakat.
·    Mendeskripsikan hubungan antar budaya.







·    Mengidentifikasikan beberapa potensi positif dan negatif tentang keberagaman budaya yang ada di masyarakat.
·    Mendiskripsikan karakteristik budaya nasional
·    Mendeskripsikan hubungan antara budaya lokal dan budaya nasional.


·    Mengidentifikasikan alternatif penyelesaian masalah (solusi) akibat adanya keberagaman budaya.










·    Mendeskripsikan toleransi dan empati sosial
·    Memberikan contoh tentang perwujudan sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman budaya.
·    Mendemonstrasikan sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman budaya.
Jenis Tagihan :
Penugasan, tes tertulis

Bentuk Instrumen :
Laporan, pilihan ganda dan uraian tertulis.






Jenis Tagihan :
Penugasan

Bentuk instrumen :
Laporan Pengamatan.








Jenis Tagihan :
Kuis dan tes tertulis

Bentuk Instrumen :
Uaraian singkat










Jenis tagiahan :
Kuis, Pengamatan

Bentuk Instrumen :
Jawaban singkat, lembar pengamatan.

2x45




2x45








2X45





2X45







2X45














2X45









Antropologi SMA KLS XI-ESIS
























SILABUS

Nama Sekolah                   : SMA NEGERI 1 LEWA
Mata Pelajaran                                 : Antropologi
Kelas/Program                  : XI/Bahasa
Semester                            : I
Standar Kompetensi       : 2.Menganalisis Unsur-unsur Proses Dinamika dan Pewarisan Budaya Dalam Rangka Integrasi Nasional.
Alokasi Waktu                   :
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai dan materi yang diintegrasikan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/Bahan/Alat
2.1.Mendeskripsikan Unsur-unsur budaya.







2.2.Mendeskripsikan hubungan dan fungsi bahasa, seni dan agama/religi/kepercayaan








2.3.Mengidentifikasi karakteristik dinamika budaya melalui contoh yang terdapat di masyarakat setempat.












2.4.Menjelaskan fungsi agama/religi/kepercayaan
·      Materi Pokok :
Unsur-unsur budaya
·      Uraian Materi Pokok :
o  Konsep bahasa
o  Konsep seni
o  Konsep agama/religi/kepercayaan


·      Materi Pokok :
Hubungan dan fungsi unsur budaya.
·      Uraian materi pokok :
o  Fungsi seni
o  Fungsi bahasa
o  Fungsi agama/religi/kepercayaan
o  Hubungan antar unsur budaya.



·      Materi Pokok :
Karakteristik dinamika budaya
·      Uraian materi pokok :
o  Contoh dinamika budaya
o  Faktor yang mendorong terjadinya dinamika budaya
o  Faktor yang mendorong integrasi nasional
o  Faktor yang menghambat integrasi nasional
o  Contoh wujud integrasi nasional.

·      Materi Pokok :
Fungsi agama/religi/kepercayaan
·      Uraian materi pokok :
o  Fungsi agama/religi bagi individu
o  Fungsi agama/religi bagi masyarakat
o  Contoh fungsi agama/religi/kepercayaan
·      Sikap religius
·      Jujur
·      Toleransi
·      Disiplin
·      Kreatif
·      Rasa ingin tahu
·      Gemar membaca

·      Sikap religius
·      Toleransi
·      Disiplin
·      Kreatif
·      Rasa ingin tahu
·      Cinta tanah air
·      Gemar membaca
·      Tanggung jawab

·      Sikap toleransi
·      Demokratis
·      Rasa ingin tahu
·      Cinta tanah air
·      Tanggung jawab










·      Sikap religius
·      Jujur
·      Toleransi
·      Tanggung jawab
·      Mendeskripsikan unsur-unsur budaya (system bahasa, seni dan sistem religi) secara individu melalui kajian pustaka.







·      Mendeskripsikan fungsi bahasa, seni dan agama/religi/kepercayaan melalui tanya jawab.
·      Mendiskusikan hubungan antar bahasa, seni dan agama/religi/kepercayaan dengan kelompoknya dikelas.
·      Mempresentasekan hasil diskusi kelompok.




·      Mengkaji karakteristik dinamika budaya dan contoh melalui kliping berbagai media massa secara individu.
·      Mendeskripsikan faktor-faktor yang mendorong terjadinya dinamika budaya melalui pengamatan oleh individu di masyarakat
·      Megidentifikasi faktor-faktor pendorong dan penghambat integrasi nasional melalui diskusi kelompok di kelas.






·      Mendeskripsikan fungsi agama dan kepercayaan bagi individu dan masyarakat beserta contoh melalui kajian pustaka secara berkelompok
·      Mempresentasekan hasil laporan kelompok.
·      Mendeskripsikan konsep bahasa
·      Mendeskripsikan konsep seni
·      Mendeskripsikan konsep agama/religi dan kepercayaan.




·      Mendeskripsikan fungsi bahasa
·      Mendeskripsikan fungsi seni
·      Mendeskripsikan fungsi agama/religi/kepercayaan.
·      Mendeskripsikan hubungan antara unsur budaya (bahasa, seni dan kepercayaan)



·      Mengidentifikasi karakteristik dinamika budaya
·      Memberikan contoh dinamika budaya
·      Mendeskripsikan faktor-faktor yang mendorong terjadinya dinamika budaya
·      Mengidentifikasikan faktor-faktor yang mendorong integrasi nasional.
·      Mengidentifikasikan faktor-faktor yang menghambat integrasi nasional.
·      Memberikan contoh wujud integrasi nasional.
·      Mendeskripsikan fungsi agama/religi dan kepercayaan bagi individu
·      Mendeskripsikan fungsi agama/religi/keprcayaan bagi masyarakat
·      Memberikan contoh fungsi agama/religi dan kepercayaan.
Jenis Tagihan :
Penugasan, tes tertulis

Bentuk instrumen :
Laporan, pilihan ganda dan uraian.




Jenis tagihan :
Penugasan, tes tertulis.

Bentuk Instrumen :
Laporan, pilihan ganda, uraian.






Jenis tagihan :
Penugasan, tes tertulis

Bentuk instrumen :
Laporan, pilihan ganda, uraian tertulis.











Jenis Tagihan :
Penugasan, tes tertulis

Bentuk instrumen :
Laporan, pilihan ganda dan uraian.
2X45










2X45













2X45


















2X45
Buku Antropologi Kls XI – ESIS

           
Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. Melkianus Ngg. Ngunjurawa
NIP. 19670313 199412 1 003
Lewa, 14 Juli 2011

Guru Mata Pelajaran




Lyandi Takandjandji, S.AB
NIP.19800308 200903 1 005


SILABUS

Nama Sekolah                   : SMA NEGERI 1 LEWA
Mata Pelajaran                                 : Antropologi
Kelas/Program                  : XI/Bahasa
Semester                            : II
Standar Kompetensi       : 3. Memahami Kesamaan dan Keberagaman Bahasa dan Dialek
Alokasi Waktu                   :
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai dan materi yang diintegrasikan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Jenis Tagihan
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/Bahan/Alat
3.1.Mengamati Bahasa Dan Dialek Oleh Masyarakat.










3.2.Menjelaskan Keterkaitan Antara Bahasa Dan Dialek.









3.3.Menjelaskan Keberadaan Dan Perkembangan Tradisi Lisan Dalam Masyarakat Setempat.




3.4.Mengidentifikasi Bahasa-Bahasa Yang Terdapat Di Indonesia Serta Menunjukkan Karakteristik Dan Wilayahnya (Austronesia Dan Papua).
3.5.Mengembangkan sikap kepedulian terhadap bahasa, dialek dan tradisi lisan.
·      Materi Pokok :
Bahasa dan Dialek
·      Uraian materi pokok :
o   Pengamatan bahasa dan dialek di kantor
o   Pengamatan bahasa dan dialek di pasar
o   Pengamatan bahasa dan dialek di terminal




·      Materi Pokok :
Keterkaitan bahasa dan dialek
·      Uraian materi pokok :
o  Karakteristik bahasa dan dialek.
o  Hubungan antara bahasa dan dialek
o  Pengaruh bahasa dan dialek terhadap gaya hidup.

·      Materi Pokok :
Tradisi Lisan
·      Uraian Materi Pokok :
o  Macam-macam tradisi lisan
o  Contoh tradisi lisan
o  Keberadaan dan perkembangan tradisi lisan.

·      Materi Pokok :
Bahasa Austronesia dan Papua
·      Uraian materi pokok :
o  Karakteristik bahasa austronesia dan Papua
o  Wilayah bahasa Austronesia dan Papua.

·      Materi Pokok :
Kepedulian terhadap bahasa, dialek dan tradisi lisan.
·      Bentuk instrumen :
o  Gagasan untuk mengembangkan kepedulian terhadap bahasa, dialek dan tradisi lisan.
o  Contoh perwujudan sikap kepedulian terhadap bahasa dan tradisi lisan.
·      Kerja keras
·      Mandiri
·      Rasa ingin tahu
·      Menghargai prestasi
·      Peduli lingkungan
·      Tanggung jawab

·      Jujur
·      Kreatif
·      Rasa ingin tahu
·      Cinta tanah air
·      Gemar membaca



·      Sikap kreatif
·      Mandiri







·      Rasa ingin tahu







·      Cinta tanah air
·      Komunikatif
·      Gemar membaca
·       
·      Melakukan pengamatan dan wawancara secara kelompok tentang bahasa dan dialek yang digunakan oleh komunitas masyarakat di kantor, pasar, terminal dan sekitarnya.
·      Mempresentasekan hasil laporan pengamatan di kelas.





·      Mengidentifikasi karakteristik dari bahasa dan dialek melalui studi kepustakaan secara individual.
·      Mendeeskripsikan hubungan dan pengaruh bahasa dan dialek terhadap gaya hidup komunitas tertentu dalam diskusi kelompok dikelas beserta contoh melalui wawancara dengan tokoh-tokoh masyarakat setempat.
·      Mendiskusikan dalam kelompok tentang keberadaan dan perkembangan tradisi lisan dalam masyarakat setempat.






·      Mengkaji karakteristik bahasa-bahasa di Indonesia (Austronesia dan Papua ) melalui kajian pustaka masing-masing kelompok.
·      Membuat peta wilayah yang menggunakan bahasa Austronesia dan Papua secara individual.
·      Mendiskusikan dengan kelompok dikelas tentang pengembangan sikap kepedulian terhadap bahasa, dialek dan tradisi lisan.
·      Mendemonstrasikan contoh perwujudan sikap kepedulian terhadap bahasa, dialek dan tradisi lisan.
·      Mengamati bahasa dan dialek yang digunakan oleh komunitas masyarakat di kantor
·      Mengamati bahasa dan dialek yang digunakan oleh komunitas masyarakat di pasar.
·      Mengamati bahasa dan dialek yang digunakan oleh komunitas masyarakat di terminal.

·      Mengidentifikasi karakteristik dari bahasa dan dialek
·      Mendeskripsikan hubungan antara bahasa dan dialek.
·      Mendeskripsikan pengaruh bahasa dan dialek terhadap gaya hidup komunitas masyarakat tertentu.




·      Mengidentifikasi macam-macam tradisi lisan yang terdapat dalam masyarakat.
·      Mendeskripsikan keberadaan dan perkembangan tradisi lisan yang terdapat dalam lingkungan masyarakat.



·      Mengidentifikasi bahasa-bahasa di Indonesia
·      Mendeskripsikan karakteristik bahasa Austronesia dan Papua.




·      Mengemukakan gagasan atau pemikiran untuk mengembangkan sikap kepedulian terhadap keberadaan perkembangan bahasa, dialek dan tradisi lisan
·      Memberikan contoh perwujudan sikap kepedulian terhadap bahasa, dialek dan tradisi lisan dalam kehidupan sehari-hari.

Jenis Tagihan :
Penugasan

Bentuk instrumen :
Laporan, lembar pengamatan.






Jenis tagihan :
Penugasan, tes tertulis.

Bentuk Instrumen :
Laporan, pilihan ganda dan uraian.




Jenis Tagihan :
Penugasan, tes tertulis.

Bentuk instrumen :
Laporan, uraian.




Jenis Tagiahan :
Penugasan, tes tertulis.


Bentuk instrumen :
Laporan, uraian
Jenis Tagihan :
Penugasan, tes tertulis.

Bentuk instrumen :
Laporan, uraian.
2X45












2X45











2X45









2X45








2X45

           
Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. Melkianus Ngg. Ngunjurawa
NIP. 19670313 199412 1 003
Lewa, 30 November 2011

Guru Mata Pelajaran




Lyandi Takandjandji, S.AB
NIP.19800308 200903 1 005

Share this video :

0 komentar:

Terpopuler

Popular Videos

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. WANGGA ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger