SILABUS
Nama Sekolah :
SMA NEGERI 1 LEWA
Mata Pelajaran : Antropologi
Kelas/Program :
XI/Bahasa
Semester :
I
Standar Kompetensi :1.
Menganalisis Kesamaan dan Keberagaman Budaya
Alokasi Waktu :
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai budaya dan karakter
bangsa yang dikembangkan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/bahan/Alat
|
1.1. Mengidentifikasi
berbagai pengaruh budaya lokal, pengaruh budaya asing dan hubungan antar
budaya.
1.2. Melakukan
pengamatan tentang potensi keberagaman budaya yang ada di masyarakat setempat
dalam kaitannya dengan budaya Nasional
1.3. Mengidentifikasi
berbagai alternatif penyelesaian masalah akibat adanya keberagaman budaya.
1.4. Menunjukkan
sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman budaya.
|
·
Materi Pokok :
Keberagaman budaya
·
Uraian Materi Pokok :
o Budaya
Lokal
o Pengaruh
budaya asing
o Hubungan
antar budaya
·
Materi Pokok :
Potensi keberagaman budaya
·
Uraian materi pokok :
o Potensi
positif dan negatif dari keberagaman budaya dalam masyarakat.
o Karakteristik
budaya nasional.
o Hubungan
antara budaya lokal dan budaya nasional.
·
Materi Pokok :
Berbagai alternatif penyelesaian
masalah (solusi) beserta contohnya akibat keberagaman budaya
·
Uraian Materi Pokok :
o Alternatif
pemecahan masalah (solusi)
o Contoh
penyelesaian masalah (solusi)
o Peran
keluarga, sekolah dan pemerintah.
·
Materi Pokok :
Sikap toleransi dan empati
·
Uraian materi pokok :
o Konsep
toleransi dan empati sosial
o Contoh
perwujudan sikap toleransi dan empati sosial.
|
·
Sikap religius
·
Jujur
·
Toleransi
·
Disiplin
·
Rasa ingin tahu
·
Semangat kebangsaan
·
Cinta tanah air
·
Jujur
·
Disiplin
·
Kerja keras
·
Kreatif
·
Mandiri
·
Toleransi
·
Disiplin
·
Mandiri
·
Tanggung jawab
|
·
Menggali informasi dari berbagai sumber untuk
mengidentifikasi berbagai budaya lokal yang terdapat dimasyarakat secara
berkelompok (contoh : Masyarakat Lewa terdiri dari berbagai budaya lokal
seperti Sumba Timur, Sumba Barat, Bima, Sabu, Flores, Timor, Alor dll).
·
Mendiskusikan dengan kelompok untuk
mengidentifikasi pengaruh budaya asing dan hubungan antar budaya dalam
kehidupan masyarakat.
·
Siswa secara berkelompok melakukan pengamatan
terhadap potensi positif dan negatif dari keberagaman budaya yang ada di
masyarakat.
·
Mendiskusikan secara berkelompok karakteristik
dari budaya nasional.
·
Mendeskripsikan hubungan antara budaya lokal
dan budaya nasional.
·
Mengidentifikasikan berbagai alternatif
penyelesaian masalah (solusi) beserta contohnya akibat adanya keberagaman
budaya melalui tanya jawab.
·
Mendeskripsikan peran keluarga, sekolah dan
pemerintah melalui tanya jawab.
·
Mendeskripsikan konsep toleransi dan empati
sosial beserta contoh melalui tanya jawab secara individu
·
Mendemonstrasikan sikap toleransi dan empati
sosial terhadap keberagaman budaya secara berkelompok dikelas.
|
·
Mengidentifikasi budaya lokal yang terdapat di
masyarakat.
·
Mengidentifikasi pengaruh budaya asing dalam
kehidupan masyarakat.
·
Mendeskripsikan hubungan antar budaya.
·
Mengidentifikasikan beberapa potensi positif
dan negatif tentang keberagaman budaya yang ada di masyarakat.
·
Mendiskripsikan karakteristik budaya nasional
·
Mendeskripsikan hubungan antara budaya lokal
dan budaya nasional.
·
Mengidentifikasikan alternatif penyelesaian
masalah (solusi) akibat adanya keberagaman budaya.
·
Mendeskripsikan toleransi dan empati sosial
·
Memberikan contoh tentang perwujudan sikap
toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman budaya.
·
Mendemonstrasikan sikap toleransi dan empati
sosial terhadap keberagaman budaya.
|
Jenis Tagihan :
Penugasan, tes tertulis
Bentuk Instrumen :
Laporan, pilihan ganda dan uraian tertulis.
Jenis Tagihan :
Penugasan
Bentuk instrumen :
Laporan Pengamatan.
Jenis Tagihan :
Kuis dan tes tertulis
Bentuk Instrumen :
Uaraian singkat
Jenis tagiahan :
Kuis, Pengamatan
Bentuk Instrumen :
Jawaban singkat, lembar pengamatan.
|
2x45
2x45
2X45
2X45
2X45
2X45
|
Antropologi SMA KLS XI-ESIS
|
SILABUS
Nama Sekolah :
SMA NEGERI 1 LEWA
Mata Pelajaran : Antropologi
Kelas/Program :
XI/Bahasa
Semester :
I
Standar Kompetensi :
2.Menganalisis Unsur-unsur Proses Dinamika dan Pewarisan Budaya Dalam Rangka
Integrasi Nasional.
Alokasi Waktu :
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai dan materi
yang diintegrasikan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/Bahan/Alat
|
2.1.Mendeskripsikan Unsur-unsur budaya.
2.2.Mendeskripsikan hubungan dan fungsi bahasa, seni dan
agama/religi/kepercayaan
2.3.Mengidentifikasi karakteristik dinamika budaya
melalui contoh yang terdapat di masyarakat setempat.
2.4.Menjelaskan fungsi agama/religi/kepercayaan
|
·
Materi Pokok :
Unsur-unsur budaya
·
Uraian Materi Pokok :
o Konsep
bahasa
o Konsep
seni
o Konsep
agama/religi/kepercayaan
·
Materi Pokok :
Hubungan dan fungsi unsur budaya.
·
Uraian materi pokok :
o Fungsi
seni
o Fungsi
bahasa
o Fungsi
agama/religi/kepercayaan
o Hubungan
antar unsur budaya.
·
Materi Pokok :
Karakteristik dinamika budaya
·
Uraian materi pokok :
o Contoh
dinamika budaya
o Faktor
yang mendorong terjadinya dinamika budaya
o Faktor
yang mendorong integrasi nasional
o Faktor
yang menghambat integrasi nasional
o Contoh
wujud integrasi nasional.
·
Materi Pokok :
Fungsi agama/religi/kepercayaan
·
Uraian materi pokok :
o Fungsi
agama/religi bagi individu
o Fungsi
agama/religi bagi masyarakat
o Contoh
fungsi agama/religi/kepercayaan
|
·
Sikap religius
·
Jujur
·
Toleransi
·
Disiplin
·
Kreatif
·
Rasa ingin tahu
·
Gemar membaca
·
Sikap religius
·
Toleransi
·
Disiplin
·
Kreatif
·
Rasa ingin tahu
·
Cinta tanah air
·
Gemar membaca
·
Tanggung jawab
·
Sikap toleransi
·
Demokratis
·
Rasa ingin tahu
·
Cinta tanah air
·
Tanggung jawab
·
Sikap religius
·
Jujur
·
Toleransi
·
Tanggung jawab
|
·
Mendeskripsikan unsur-unsur budaya (system bahasa,
seni dan sistem religi) secara individu melalui kajian pustaka.
·
Mendeskripsikan fungsi bahasa, seni dan
agama/religi/kepercayaan melalui tanya jawab.
·
Mendiskusikan hubungan antar bahasa, seni dan
agama/religi/kepercayaan dengan kelompoknya dikelas.
·
Mempresentasekan hasil diskusi kelompok.
·
Mengkaji karakteristik dinamika budaya dan
contoh melalui kliping berbagai media massa secara individu.
·
Mendeskripsikan faktor-faktor yang mendorong
terjadinya dinamika budaya melalui pengamatan oleh individu di masyarakat
·
Megidentifikasi faktor-faktor pendorong dan
penghambat integrasi nasional melalui diskusi kelompok di kelas.
·
Mendeskripsikan fungsi agama dan kepercayaan
bagi individu dan masyarakat beserta contoh melalui kajian pustaka secara berkelompok
·
Mempresentasekan hasil laporan kelompok.
|
·
Mendeskripsikan konsep bahasa
·
Mendeskripsikan konsep seni
·
Mendeskripsikan konsep agama/religi dan
kepercayaan.
·
Mendeskripsikan fungsi bahasa
·
Mendeskripsikan fungsi seni
·
Mendeskripsikan fungsi agama/religi/kepercayaan.
·
Mendeskripsikan hubungan antara unsur budaya
(bahasa, seni dan kepercayaan)
·
Mengidentifikasi karakteristik dinamika budaya
·
Memberikan contoh dinamika budaya
·
Mendeskripsikan faktor-faktor yang mendorong
terjadinya dinamika budaya
·
Mengidentifikasikan faktor-faktor yang
mendorong integrasi nasional.
·
Mengidentifikasikan faktor-faktor yang
menghambat integrasi nasional.
·
Memberikan contoh wujud integrasi nasional.
·
Mendeskripsikan fungsi agama/religi dan
kepercayaan bagi individu
·
Mendeskripsikan fungsi agama/religi/keprcayaan
bagi masyarakat
·
Memberikan contoh fungsi agama/religi dan
kepercayaan.
|
Jenis Tagihan :
Penugasan, tes tertulis
Bentuk instrumen :
Laporan, pilihan ganda dan uraian.
Jenis tagihan :
Penugasan, tes tertulis.
Bentuk Instrumen :
Laporan, pilihan ganda, uraian.
Jenis tagihan :
Penugasan, tes tertulis
Bentuk instrumen :
Laporan, pilihan ganda, uraian tertulis.
Jenis Tagihan :
Penugasan, tes tertulis
Bentuk instrumen :
Laporan, pilihan ganda dan uraian.
|
2X45
2X45
2X45
2X45
|
Buku Antropologi Kls XI – ESIS
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Drs. Melkianus
Ngg. Ngunjurawa
NIP. 19670313
199412 1 003
|
Lewa, 14 Juli
2011
Guru Mata
Pelajaran
Lyandi Takandjandji,
S.AB
NIP.19800308 200903 1 005
|
SILABUS
Nama Sekolah :
SMA NEGERI 1 LEWA
Mata Pelajaran : Antropologi
Kelas/Program :
XI/Bahasa
Semester :
II
Standar Kompetensi :
3. Memahami Kesamaan dan Keberagaman Bahasa dan Dialek
Alokasi Waktu :
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai dan materi
yang diintegrasikan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Jenis Tagihan
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/Bahan/Alat
|
3.1.Mengamati Bahasa Dan Dialek Oleh Masyarakat.
3.2.Menjelaskan Keterkaitan Antara Bahasa Dan Dialek.
3.3.Menjelaskan Keberadaan Dan Perkembangan Tradisi Lisan
Dalam Masyarakat Setempat.
3.4.Mengidentifikasi Bahasa-Bahasa Yang Terdapat Di
Indonesia Serta Menunjukkan Karakteristik Dan Wilayahnya (Austronesia Dan
Papua).
3.5.Mengembangkan sikap kepedulian terhadap bahasa,
dialek dan tradisi lisan.
|
·
Materi Pokok :
Bahasa dan Dialek
·
Uraian materi pokok :
o Pengamatan
bahasa dan dialek di kantor
o Pengamatan
bahasa dan dialek di pasar
o Pengamatan
bahasa dan dialek di terminal
·
Materi Pokok :
Keterkaitan bahasa dan dialek
·
Uraian materi pokok :
o Karakteristik
bahasa dan dialek.
o Hubungan
antara bahasa dan dialek
o Pengaruh
bahasa dan dialek terhadap gaya hidup.
·
Materi Pokok :
Tradisi Lisan
·
Uraian Materi Pokok :
o Macam-macam
tradisi lisan
o Contoh
tradisi lisan
o Keberadaan
dan perkembangan tradisi lisan.
·
Materi Pokok :
Bahasa Austronesia dan Papua
·
Uraian materi pokok :
o Karakteristik
bahasa austronesia dan Papua
o Wilayah
bahasa Austronesia dan Papua.
·
Materi Pokok :
Kepedulian terhadap bahasa,
dialek dan tradisi lisan.
·
Bentuk instrumen :
o Gagasan
untuk mengembangkan kepedulian terhadap bahasa, dialek dan tradisi lisan.
o Contoh
perwujudan sikap kepedulian terhadap bahasa dan tradisi lisan.
|
·
Kerja keras
·
Mandiri
·
Rasa ingin tahu
·
Menghargai prestasi
·
Peduli lingkungan
·
Tanggung jawab
·
Jujur
·
Kreatif
·
Rasa ingin tahu
·
Cinta tanah air
·
Gemar membaca
·
Sikap kreatif
·
Mandiri
·
Rasa ingin tahu
·
Cinta tanah air
·
Komunikatif
·
Gemar membaca
·
|
·
Melakukan pengamatan dan wawancara secara
kelompok tentang bahasa dan dialek yang digunakan oleh komunitas masyarakat
di kantor, pasar, terminal dan sekitarnya.
·
Mempresentasekan hasil laporan pengamatan di
kelas.
·
Mengidentifikasi karakteristik dari bahasa dan
dialek melalui studi kepustakaan secara individual.
·
Mendeeskripsikan hubungan dan pengaruh bahasa
dan dialek terhadap gaya hidup komunitas tertentu dalam diskusi kelompok
dikelas beserta contoh melalui wawancara dengan tokoh-tokoh masyarakat
setempat.
·
Mendiskusikan dalam kelompok tentang
keberadaan dan perkembangan tradisi lisan dalam masyarakat setempat.
·
Mengkaji karakteristik bahasa-bahasa di
Indonesia (Austronesia dan Papua ) melalui kajian pustaka masing-masing
kelompok.
·
Membuat peta wilayah yang menggunakan bahasa
Austronesia dan Papua secara individual.
·
Mendiskusikan dengan kelompok dikelas tentang
pengembangan sikap kepedulian terhadap bahasa, dialek dan tradisi lisan.
·
Mendemonstrasikan contoh perwujudan sikap
kepedulian terhadap bahasa, dialek dan tradisi lisan.
|
·
Mengamati bahasa dan dialek yang digunakan
oleh komunitas masyarakat di kantor
·
Mengamati bahasa dan dialek yang digunakan
oleh komunitas masyarakat di pasar.
·
Mengamati bahasa dan dialek yang digunakan
oleh komunitas masyarakat di terminal.
·
Mengidentifikasi karakteristik dari bahasa dan
dialek
·
Mendeskripsikan hubungan antara bahasa dan
dialek.
·
Mendeskripsikan pengaruh bahasa dan dialek
terhadap gaya hidup komunitas masyarakat tertentu.
·
Mengidentifikasi macam-macam tradisi lisan
yang terdapat dalam masyarakat.
·
Mendeskripsikan keberadaan dan perkembangan
tradisi lisan yang terdapat dalam lingkungan masyarakat.
·
Mengidentifikasi bahasa-bahasa di Indonesia
·
Mendeskripsikan karakteristik bahasa
Austronesia dan Papua.
·
Mengemukakan gagasan atau pemikiran untuk
mengembangkan sikap kepedulian terhadap keberadaan perkembangan bahasa,
dialek dan tradisi lisan
·
Memberikan contoh perwujudan sikap kepedulian
terhadap bahasa, dialek dan tradisi lisan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Jenis Tagihan :
Penugasan
Bentuk instrumen :
Laporan, lembar pengamatan.
Jenis tagihan :
Penugasan, tes tertulis.
Bentuk Instrumen :
Laporan, pilihan ganda dan uraian.
Jenis Tagihan :
Penugasan, tes tertulis.
Bentuk instrumen :
Laporan, uraian.
Jenis Tagiahan :
Penugasan, tes tertulis.
Bentuk instrumen :
Laporan, uraian
Jenis Tagihan :
Penugasan, tes tertulis.
Bentuk instrumen :
Laporan, uraian.
|
2X45
2X45
2X45
2X45
2X45
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Drs. Melkianus
Ngg. Ngunjurawa
NIP. 19670313
199412 1 003
|
Lewa, 30
November 2011
Guru Mata
Pelajaran
Lyandi Takandjandji,
S.AB
NIP.19800308 200903 1 005
|
0 komentar:
Posting Komentar